Wednesday, July 30, 2014

Krisis Besar Dunia

Masalah besar dunia saat ini adalah krisis moral. Masalah moral ini pada awalnya tidak begitu kelihatan, karena efeknya tidak langsung. Moral bejat atau tidak, selama ada makanan orang tetap bisa hidup. Tapi kalau makanan habis, orang mati lah. Namun masalah moral ini efeknya jangka panjang, mengacaukan kehidupan di dunia fisik, bahkan nantinya akan menyusahkan manusia di akhirat.

Pada tulisan ini saya singgung satu saja masalah moral: kelahiran di luar nikah. Pandangan setiap orang saya yakin berbeda, karena untuk menilai moral orang berangkat dari pandangan hidup / agama masing-masing. Berikut ini adalah data anak luar nikah yang sempat saya temukan via professor Google:
Angka tersebut adalah angka kelahiran, artinya angka hubungan luar nikah mustinya lebih besar dari itu. Saya tidak menemukan angka kelahiran luar nikah untuk selain USA/UK. Di Indonesia juga saya tidak menemukan angka resminya.
Dalam agama Islam (dan saya yakin juga di agama lain), perzinaan adalah masalah moral yang sangat besar. Bagi saya pribadi masalah zina lebih besar dari krisis pangan, maupun krisis BBM. Krisis keuangan karena riba agak beda, karena Rasulullah pernah bersabda bahwa riba itu lebih berat dosanya dibandingkan berzina dengan ibu sendiri. Setahu saya masalah keuangan di dunia timbul karena riba (usury) ataupun turunannya.
Di atas semua masalah tadi, sebenarnya ada 1 masalah lagi yang lebih besar, yaitu manusia sudah tidak peduli dengan Tuhannya. Memang masih banyak orang beribadah, kalau terkena masalah masih mengatakan "Oh my God", masih mempelajari ilmu agama, namun sayangnya agama itu tidak diterapkan ke dalam kehidupan lahir batin manusia. Akibatnya tentu adalah timbul masalah turunan seperti yang sudah diuraikan di atas.
Jadi bagi saya, masalah besar yang dihadapi dunia sekarang adalah mengikuti urutan berikut:
  • Tidak peduli dengan Tuhan
  • Masalah keuangan berbasis riba
  • Masalah perzinaan
  • Masalah lahiriah (pangan, teknologi, dsb)

No comments:

Post a Comment